Yuk, Kenali 4 Modus Penerimaan Mahasiswa Baru!

  • August 26, 2019

Yuk, Kenali 4 Modus Penerimaan Mahasiswa Baru!

Yuk, Kenali 4 Modus Penerimaan Mahasiswa Baru!

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2019 sebentar lagi dimulai. Biasanya,

momen itu dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk meraih keuntungan.

Setiap tahun, selalu ada calon mahasiswa baru yang tertipu dengan iming-iming yang dijanjikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut. Dengan janji akan diterima di perguruan tinggi negeri, calon mahasiswa rela merogoh kocek sangat dalam. Penipuan PMB juga tidak luput terjadi di Perguruan Tinggi Swasta. Apalagi di PTS favorit, seleksinya akan sangat ketat.

Apa saja modus operandi yang biasa digunakan dalam penipuan penerimaan mahasiswa baru? Berikut 4 modus operandi penipuan yang dilansir dari edukasi.kompas.com:

1. Memberi jaminan masuk
Penipu meyakinkan orangtua atau calon mahasiswa bahwa dapat menjamin lolos

masuk perguruan tinggi yang dituju. Penipu akan meminta orangtua atau calon mahasiswa mentrasfer sejumlah uang sebagai jaminan atau imbalan.

2. Ada juga penipu yang menjanjikan akan ada seleksi tambahan yang menjamin adanya kursi bagi calon mahasiswa. Bahkan, jaminan itu dengan mencatut nama pejabat di perguruan tinggi.

3. Program khusus Penipu menjanjikan dapat memasukan calon mahasiswa

melalui program atau jalur khusus. Melalui jalur khusus ini penipu akan meminta sejumlah uang sebagai tanda/syarat keikutsertaan.

4. Meminta identitas Penipu meminta identitas sebagai syarat kelulusan SNMPTN/SBMPTN. Jika tidak diberikan korban ditakut-takuti tidak akan lulus SNMPTN/SBMPTN.

Oleh karena itu, agar tidak tertipu, rajin-rajinlah mengecek website resmi atau media sosial resmi universitas tujuan. ***

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/

Wahyudi

E-mail : admin@thailandomania.com