SMAN 1 Cisarua Jadi Perwaklan Jawa Barat di Ajang Indonesia Student Company Competition 2019

  • September 2, 2019

SMAN 1 Cisarua Jadi Perwaklan Jawa Barat di Ajang Indonesia Student Company Competition 2019

SMAN 1 Cisarua Jadi Perwaklan Jawa Barat di Ajang Indonesia Student Company Competition 2019

SMAN 1 Cisarua kembali menjadi perwakilan Provinsi Jawa Barat

pada tahun depan untuk kompetisi bisnis tingkat nasional, Indonesia Student Company Competition 2019. Acara ini diselenggarakan oleh Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama Citi Indonesia (Citibank), di Atrium Braga Citywalk, Jalan Braga No.99-101, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Sabtu, 21 Juli 2018. Selain mendapatkan golden ticket untuk kompetisi di tingkat nasional, mereka mengkantongi berbagai penghargaan, diantaranya adalah The Best Student Company, The Best VP of HRD, dan The Best VP of Marketing.

Power Wood merupakan produk inovasi andalan SMAN 1 Cisarua yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. Produk ini merupakan sebuah pot bunga dengan alat pengisi tenaga surya yang dapat mengisi daya pada alat elektronik. Selain itu, produk tersebut menggunakan pupuk organik cair dari limbah baglog jamur.

“Di SEMANCIS terdapat motto tiada hari tanpa prestasi,

sehingga kita ingin membuat suatu gembarakan baru, lalu  karena hal tersebut kita membuat perusahaan siswa ini dan didukung oleh pihak sekolah,” ujar President Director SMAN 1 Cisarua, Ellian Irfan Juliano.

Ellian menjelaskan bahwa Perusahaan Siswa (JA Student Company) SMAN 1 Cisarua kini telah memiliki tiga generasi. Yang pertama, merupakan SEMANCIS SC 1 dengan produk yang dinamai Inokachi. Inokachi merupakan inovasi kacang hijau instan yang siap seduh. Inovasi kacang hiaju ini telah berhasil mendapatkan juara pertama bidang fiksi bagian boga dari Kemendikbud.

Pada generasi kedua, SEMANCIS SC 2 mengeluarkan inovasi di bidang pupuk yang dinamai Super Lacto. Ellian dan kawan-kawan membuat inovasi pupuk organik cair yang terbuat dari sampah organik dan bahan-bahan limbah seperti sisa makanan, sayuran-sayuran yang telah membusuk. Proses pengolahan pupuk tersebut melewati beberapa tahap pembuatan dan telah diuji pada laboratorium. Super Lacto ini telah menerima berbagai penghargaan, salah satunya adalah juara kedua pada Student Company Competition tahun 2018.

Generasi ketiga, SMANCIS SC 3 dengan produk yang dinamai Power Wood ini

, merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap lingkungan di kawasan Cisarua. Ellian mengungkapkan bahwa terdapat banyak limbah jamur yang tidak terpakai. Dari situlah terpikir bahwa mereka ingin mengnanggulangi dan mengembangkannya sehingga terciptalah produk tersebut.

“Kedepannya kita ingin lebih fokus, mengerucutkan lagi, tentang masalah sosial yang ada di lingkungan daerah Cisarua. Seperti masalah sosial, mengenai sampah dan limbah, dan juga pemanasan global. Kami ingin membuat sesuatu yang baru lebih modern lagi kedepannya,” tutup Ellian

 

Baca Juga :

 

 

Wahyudi

E-mail : admin@thailandomania.com