Perhatian Pemerintah Daerah untuk Standarisasi PAUD

  • August 26, 2019

Perhatian Pemerintah Daerah untuk Standarisasi PAUD

Perhatian Pemerintah Daerah untuk Standarisasi PAUD

Pemerintah daerah sangat penting memperhatikan standarisasi setiap lembaga

penyelenggara pendidikan untuk mengembangkan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi menyampaikan pentingnya pemerintah daerah untuk memperhatikan standarisasi lembaga-lembaga penyelenggara PAUD agar setiap lembaga penyelenggara memiliki kualitas yang memadai.

“Penyelenggaraan pembelajaran di PAUD, saya harap dapat mengedepankan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). PPK harus lebih ditekankan kepada setiap penyelenggara PAUD bukan hanya membaca, tulis, dan berhitung saja,” ujarnya saat berdialog dengan para Bunda PAUD se Sulawesi Selatan dalam rangka Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan 2019 yang bertempat di Baruga Karaeng Pattingalloang, Ruma Jabatan Gubernur, Sabtu (16/2/19) seperti yang dilansir dari web Kemendikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) Nomor 137 Tahun 2014

yang membahas mengenai Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Standar PAUD terdiri dari kriteria tentang pengelolaan dan penyelenggaraan PAUD di seluruh wilayah hukum di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kemendikbud telah mengimbau kepada setiap pemerintah daerah untuk memperhatikan standirisasi dari lembaga penyelenggara pendidikan.

Salah satunya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang telah mendapatkan apresiasi dari Kemdikbud atas kemajuan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayahnya. Bunda PAUD Provinsi Sulawesi Selatan, Liestiaty F Nurdin turut mendukung untuk tidak mengedepankan calistung. Anak-anak usia dini tidak selalu dituntut harus bisa membaca, menulis, dan menghitung. Ia juga memohon kepada ibu-ibu untuk tidak memaksakan anak-anak yang masuk SD harus bisa membaca, dikarenakan di TK hanya diperkenankan mengenal huruf.

Lebih lanjut, Bunda PAUD Provinsi Sulawesi Selatan meminta agar membuat regulasi

tentang anak yang akan masuk Sekolah Dasar harus terlebih dahulu menamatkan Taman Kanak-kanak. Terlebih lagi saat di TK anak-anak dilatih mengenai motorik, ditanamkan nilai saling menyayangi sesama teman, dan saling berbagi.***

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/

Wahyudi

E-mail : admin@thailandomania.com