Menpora Buka Munas ke 10 Gerakan Pramuka di Kendari

  • February 5, 2020

Menpora Buka Munas ke 10 Gerakan Pramuka di Kendari

Menpora Buka Munas ke 10 Gerakan Pramuka di Kendari

Pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) ke-10 Gerakan Pramuka di Hotel Grand Clarion,

Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (26/9/2018) pagi dihadiri Menteri Pemudan dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Menpora didaulat untuk menyerahkan beberapa penghargaan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Masa Bhakti 2013-2018. Penghargaan tersebut, berupa Lencana Tunas Lencana dan Tunggul Kwarda Tergiat tingkat daerah dan nasional.

Pertama, sebagaimana tertuang dalam SK Kwarnas Gerakan Pramuka No 114/2018

, penghargaan atas darma bhakti selama memimpin Gerakan Pramuka dengan berbagai prestasi kerjanya, diberikan penganugerahan tanda penghargaan tertinggi berupa Lencana Tunas Lencana kepada almarhum Prof DR dr Azrul Azwar MPH yang telah memimpin Kwarnas Gerakan Pramuka selama dua periode, yaitu 2003-2008 dan 2008-2013.

Kedua, berdasar SK Kwarnas Gerakan Pramuka No 115/2018, penghargaan Tunggul Kwarda Tergiat kepada Kwartir Daerah Tergiat baik secara tingkat Wilayah Daerah maupun skala nasional. Untuk Wilayah I Sumatera, dinilai tergiat adalah Kwarda Sumatera Selatan. Wilayah II Jawa adalah Kwarda Jawa Tengah.

Wilayah III Bali-Nusa, adalah Kwarda Bali dan Wilayah IV Kalimantan adalah Kwarda Kalimantan Tengah. Wilayah V Sulawesi adalah Kwarda Gorontalo, sedangkan untuk Wilayah VI Maluku-Papua adalah Kwarda Maluku.

Sedangkan untuk tataran tingkat skala nasional, Tergiat Pertama Kwarda Sumatera Selatan,

Tergiat Kedua Kwarda Lampung, dan Tergiat Ketiga Kwarda Jawa Tengah.

Menpora menyerahkan Lencana dan Tunggul Kwarda Tergiat didampingi Ka Kwarnas Adhyaksa Dault, Ka Mabida (Gubernur Sultra) Ali Mazi, dan Ketua Pelaksana Munas Kodrat Pramudho.

“Gerakan Pramuka sungguh luar biasa, apalagi yang giat berkarya pantas diberikan penghargaan. Semoga dari sini lahir semangat nilai-nilai penting Dasa Darma Pramuka bisa diimplementasikan seluruh masyarakat Indonesia dengan baik karena disitu ada kandungan yang sangat luhur sekali,” kata Menpora.

Sementara Ketua Kwartir Nasional Adhyaksa Dault menekankan bahwa yang terpenting dari Munas dan dibalik penghargaan ini adalah persatuan dan kekeluargaan, dan kehadiran Menpora adalah suatu kebanggaan dan semangat baru bagi Gerakan Pramuka.

 

Sumber :

https://www.belajarbahasainggrisku.id/

Wahyudi

E-mail : admin@thailandomania.com