Mengapa mempelajari Bahasa Indonesia

  • August 2, 2019

Mengapa mempelajari Bahasa Indonesia

Mengapa mempelajari Bahasa Indonesia

Bahasa pada dasarnya merupakan alat komunikasi

antar individu yang satu dengan individu lainnya. Dipakai untuk menyampaikan informasi agar untuk menyamakan persepsi ataupun sekedar berbincang-bincang. Namun bahasa juga dapat menjadi suatu alat pembeda, suatu karakteristik yang mencirikan golongan tertentu.

Bahasa seperti yang telah kita ketahui

sangat banyak ragamnya di Indonesia. Mulai dari bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Betawi, dan bermacam-macam bahasa daerah lainnya. Inilah yang menjadi sumber kekayaan kita bangsa Indonesia. Keanekaragaman budaya dan bahasa yang tersebar di seluruh Nusantara ini menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Namun keragaman yang disikapi dengan tidak baik justru berdampak pada perpecahan. Berpotensi merusak kesatuan bangsa Indonesia yang dimulai dari kebanggaan berlebih suatu suku hingga akhirnya menarik diri dari suku lain. Untuk itu diperlukan suatu pemersatu bangsa agar dapat terjalin hubungan yang harmonis antar suku-suku di Indonesia.

Maka dari itu, disusunlah sebuah bahasa pemersatu yaitu

Bahasa Indonesia. Berasal dari bahasa Melayu dengan struktur yang lebih sederhana ini, menjadikan Bahasa Indonesia dapat dengan mudah digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, bahasa Melayu pada masa yang lalu banyak digunakan oleh beragam suku di Indonesia sehingga sangat tepat dijadikan sebagai asal pembentuk Bahasa Indonesia.
Bahasa Indonesia tak hanya berlaku sebagai alat pemersatu bangsa, melainkan juga sebagai ciri khas bangsa indonesia dimata dunia. Bahasa Indonesia pun telah diakui oleh bangsa lain dan tak sedikit pula yang antusias mempelajarinya.

Kita sebagai warga negara Indonesia patut berbangga hati dengan adanya Bahasa Indonesia dan pengakuannya yang mendunia. Bangga berbahasa Indonesia, baik dalam forum-forum resmi maupun dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, kita wajib mempelajari Bahasa Indonesia agar nilai patriotisme kita terhadap bangsa Indonesia semakin tinggi. Ditambah lagi, dengan mempelajari Bahasa Indonesia berarti kita turut serta memperjuangkan bangsa ini di era globalisasi. Dimana nilai-nilai budaya kita semakin luntur dikikis oleh budaya bangsa lain yang masuk perlahan tapi mematikan.

Haruslah kita ingat betapa beratnya perjuangan para pahlawan negeri ini memperjuangkan bangsa Indonesia dari penjajahan. Bolehlah kita mempelajari bahasa asing untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi dunia. Namun, jangan sampai kita melupakan kebanggaan kita dalam berbahasa Indonesia.

Sumber : https://duniapendidikan.co.id/

Wahyudi

E-mail : admin@thailandomania.com