Jaga Mental Anak, Pendidikan Budi Pekerti Perlu Dimunculkan Kembali

  • August 11, 2019

Jaga Mental Anak, Pendidikan Budi Pekerti Perlu Dimunculkan Kembali

Jaga Mental Anak, Pendidikan Budi Pekerti Perlu Dimunculkan Kembali

Calon wakil gubernur Jawa Tengah Dede Indra Permana Sudiro mendorong

dimunculkannya kembali pendidikan budi pekerti di bangku sekolah. Dilatarbelakangi kekhawatiran terhadap dampak negatif lingkungan yang bisa mempengaruhi mental anak saat ini.

Di tengah perkembangan zaman seperti sekarang, anak-anak sangat rentan dengan pengaruh negatif dari lingkungan. Oleh karena itu, kita harus jaga lewat pendidikan budi pekerti di sekolah,” tutur Dede dalam keterangannya, minggu (8/10).

Dia menjelaskan, pendidikan budi pekerti pertama kali diterapkan pada kurikulum 1947,

terpisah dengan mata pelajaran lain. Sejak munculnya kurikulum 1968, pendidikan budi pekerti hanya sebagai sisipan dalam mata pelajaran seperti Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan.

“Karena sebagai sisipan, pelajaran tentang budi pekerti ini kurang mendapat perhatian.

Pelajaran budi pekerti harus dimunculkan kembali dalam kurikulum pendidikan dan jadi mata pelajaran yang berdiri sendiri,” kata Dede.

Dede yang juga anggota DPRD Jawa Tengah menambahkan, pendidikan budi pekerti yang disampaikan secara eksplisit melalui pelajaran menandakan adanya itikad baik dunia pendidikan Indonesia untuk turut membentuk anak didik memiliki budi pekerti yang baik. Oleh karena itu, harus didukung penuh oleh para calon pemimpin yang ada.

“Sementara ini, kita bisa coba buat kelas budi pekerti di luar jam pelajaran umum. Tapi sifatnya wajib diikuti oleh seluruh anak,” imbuhnya

 

Sumber :

https://planitdesign.org/kiat-menulis-kata-pengantar-untuk-makalah-yang-baik-dan-benar/

Wahyudi

E-mail : admin@thailandomania.com