ETHNOSENTRISME

ETHNOSENTRISME

  • February 5, 2020

Table of Contents

ETHNOSENTRISME

ETHNOSENTRISME
ETHNOSENTRISME

Setiap suku bangsa atau ras tertentu akan memiliki ciri khas kebudayaan,yang sekaligus menjadi kebanggan mereka.Suku bangsa,ras tersebut dalam kehidupan sehari-hari bertingkah laku sejalan dengan norma-norma,nilai-nilai yang terkandung dan bersifat dalam kebudayaan tersebut.
Suku bangsa,ras tersebut cenderung menganggap kebudayaan mereka sebagai suatu prima,rill,logis,sesuai dengan kodrat alam dan sebagainya.
PERTENTANGAN-PERTENTANGAN SOSIAL/KETEGANGAN DALAM MASYARAKAT
Konflik(pertentangan) mengandung suatu pengertian tungkah laku yang lebih luas,daripada yang biasa dibayangkan orang dengan mengartikannya sebagai pertentangan yang kasar dan perang,dasar konflik berbeda-beda. Konflikmerupakan suatu tingkah laku yang dibedakan dengan emosi-emosi tertentu yang sering dihubungkan denganny,misalnya kebencian atau permusuhan.
1. INTERNALISASI BELAJAR DAN SPESIALISASI
Internalisasi adalah proses norma-norma kemasyarakatan yang tidak berhenti berhenti sampai institusionalisasi saja,akan tetapi mungkin norma-norma tersebut sudah mendarah daging dalam jiwa angota-anggota masyarakat.
Norma-norma ini kadang-kadang dibedakaan antara norma-norma :
1.) Norma-norma yang mengatur pribadi yang mencakup norma kepercayaan yang bertujuan agar manusia beriman.dan norma kesusilaan yang bertujuan agar manusia berhati nurani yang bersi.
2.) Norma-norma yang mengatur hubungan pribadi,mencakup kaidah kesopanan dan kaidah hokum serta mempunyai tujuan agar manusi mempunyai tingkahlaku yang baik dalam pergaulan hidup dan bertujuan untuk mencapai kedamaian hidup.
MASALAH-MASALAH KEPEMUDAAN
Masalah pemuda merupakan masalah yang abadi dan selalu dialami oleh setiap generasi dalam hubiungannya dengan generasi yang lebih tua. Problema ini disebabkan karena sebagai akibat dari proses pendewasaan seseorang.
Sebagian besar pemuda mengalami/menikmati suatu pendidikan yang lebih tinggi dari orang tuanya hal mana merupakan inti berkurangnya pengertian orang tua dengan anak. Dalam masyarakat tradisional maka orang tua dan para sesepuh sebagai peer group memberikan bimbingan pengarahan kepada anak-anaknya,merupakan norma-norma masyarakat.
Masalah antagenerasi merupakan masalah suatu masyarakat yang dikenal sejak dahulu kala.Dengan demikian,bagaimana masalah itu dipecahkan juga mencerminkan kebudayaan masyarakat itu.
Adapun inti pokok adalah bahwa dalam suatu masyarakat akan mengalami stabilitasnasional apabila “proses reproduksi generasi” berjalan dengan baik.
B. HAKIKAT KEPEMUDAAN
Pendekatan klasik tentang pemuda melihat bahwwa masa muda merupakan masa perkembangan yang enak dan menarik. Kepemudaan merupakan suatu fase dalam pertumbuhan biologis seseorang yang bersifat seketika, dan sekali waktu akan hilang dengan sendirinya sejalan dengan hokum biologis itu sendiri.
Menurut pendekatan yang klasik tentang pemuda. Pemuda di anggap sebagai suatu kelompok yang mempunyai aspirasi sendiri yang bertentangan dengan aspirasi masyarakat
2.PEMUDA DAN IDENTITAS.
Pemuda akan mengalami persoalan-persoalan seperi kenakalan remaja,ketidak patuhan kepada orang tu/guru,kecanduan narkotika,frustasi,masa depan suram,keterbatasan lapangan kerja dan maasalah lainnya.
Dalam setiap masyarakat,golongan pemuda mempunyai tempat tersendii. Kaum muda dalam setiap masyarakat yang sedang di landa kekalutan sebagai akibat goncangan-goncangansosial dan traagedi nasional yang diintrodusikan.
Dengan demikian kiranya sudah jelas,bahwa generasi muda harus sungguh-sungguh mempersiapkan diri.sekolah-sekolah, akademi perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan formal disamping pendidikan informal tempat menempa diri bagi generasi muda.
Menurut pola dasarpembinaan dan pengembangan generasi muda bahwa permasalahan generasi muda dapat dilihat beberapa aspek sosial.yakni:
1.) Sosial Psikologi
2.) Sosial Budaya
3.) Sosial ekonomi
4.) Soasial Politik.

Sumber : https://solidaritymagazine.org/

Wahyudi

E-mail : admin@thailandomania.com