Dikbud Maluku Gelar Penyusunan K-13 Bagi Guru SLB

  • September 8, 2019

Dikbud Maluku Gelar Penyusunan K-13 Bagi Guru SLB

Dikbud Maluku Gelar Penyusunan K-13 Bagi Guru SLB

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku menggelar pelatihan

Penyusunan Kurikulum 2013 (K-13), diikuti 25 peserta yaitu Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) dari 11 kabupaten/kota di Maluku, berlangsung di hotel Marina Ambon, Rabu (19/8).

Kepala Dinas P dan K Provinsi Maluku, Drs. M. Saleh Thio, M.Si dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Bidang Dikdas Drs. D. Patty, M.Si, saat membuka pelatihan K-13 tersebut mengatakan, Kurikulum 2013 memiliki ciri khusus yakni Pembelajaran dengan Pendekatan Sainstifik serta Penilaian bersifat Autentik, sehingga ciri inilah membuat K-13 berbeda dengan kurikulum sebelumnya.

Sainstifik merupakan pembelajaran yang prosesnya dirancang agar peserta didik aktif

mengkonstruksi konsep, dimana hukum atau prinsip pengetahuan melalui tahapan mengamati, merumuskan masalah dan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis dan menarik kesimpulan, serta mengkomunikasikan konsep, hukum dan prinsip yang ditemukan.

Sedangkan Autentik merupakan penilaian hasil belajar para pendidik

, yang diterapkan berdasarkan prinsip, sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, holistik, sistematis, akuntabel, edukatif dan berkesinambungan.

Diakui, implementasi K-13 untuk Sekolah Luar Biasa sangat berat karena memiliki tantangan tersendiri, dimana selain diperhadapkan dengan pembelajaran pendekatan Sainstifik dan prinsip Autentik sesuai tuntutan Kurikulum, juga diperhadapkan dengan melayani peserta didik yang memiliki keterbatasan fisik, mental maupun intelektual.

Namun konsep pengembangan K-13 telah diarahkan pada penumbuhan budaya dan karakter bangsa, melalui proses pembiasaan di sekolah, yang terintegrasi pada mata pelajaran serta kegiatan ekstrakurikuler. Karenanya kegiatan ini harus segera dilaksanakan dan menjadi bagian proses pembiasaan, pembudayaan di setiap sekolah.

Diharapkan, para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik dan serius, sehingga ilmu yang diterima dapat diterapkan dengan baik di sekolah masing-masing.(TM04)

 

Sumber :

https://busbagus.co.id/sejarah-jerman/

Wahyudi

E-mail : admin@thailandomania.com