Dikbud Gelar Kegiatan Pendamping K 13 Bagi Wakasek SMA/SMK

  • September 8, 2019

Dikbud Gelar Kegiatan Pendamping K 13 Bagi Wakasek SMA/SMK

Dikbud Gelar Kegiatan Pendamping K 13 Bagi Wakasek SMA SMK

Melalui kajian akademis yang panjang dan ketat maka sudah saatnya pemerintah menggantikaan KTSP

dengan Kurikulum 2013 (K-13), dengan orientasi tercapainya kompetensi yang berimbang antara sikap, ketrampilan dan pengetahuan serta cara pembelajaran yang holistik dan menyenangkan.

K-13 akan menganut sistem pembelajaran tematik, integratif dan terintegrasi, sehingga terjadi pengurangan mata pelajaran, tetapi terjadi penambahan jam mata pelajaran. Selain itu perangkat kurikulum seperti Silabus dan Rencana Pengembangan Pembelajaran (RPP) akan disiapkan di pusat, agar guru tidak lagi menyiapkan administrasi tersebut dan hanya menggunakannya, sehingga guru memiliki banyak waktu mempersiapkan materi dan sumber belajar.

Demikian disampaikan Kadis Dikbud Maluku Drs.M. Saleh Thio, M.Si

dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Bidang Pendidikan Menengah Drs.M. Lohy, MT saat membuka kegiatan pendamping Kurikulum 2013 bagi Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) tingkat SMA dan SMK se-Maluku di Hotel Wijaya Ambon (10/8).

Dikemukakan, banyak regulasi yang mengatur tentang pendidikan dan tenaga kependidikan, seperti UU Nomor 20 Tahun 2003, Permen Diknas Nomor 16 Tahun 2007 tetang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, dimana isi dari regulasi tersebut banyak mengatur berbagai hak dan kewajiban seorang pendidik.

Profesi dan penghargaan menjadikan pendidik saat ini tidak mudah, karena jabatan guru

merupakan jabatan profesi yang memerlukan keahlian, kemahiran dan kecakapan dengan standar mutu tertentu, selain itu guru juga memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, melakukan penilaian dan evaluasi peserta didik tandasnya.

Ketua panitia kegiatan Salmin, S.Pd. M.Si melaporkan, pelaksanaan kegiatan ini didasari pada SK Kadis Dikbud Nomor,420/154/2015 tanggal 30 Juni 2015, dengan tujuan menyelenggarakan kegiatan pendamping bagi Wakasek SMA,SMK se-Maluku, guna meningkatkan pemahaman serta menyamakan persepsi tentang konsep pelaksanaan K-13.

Diharapkan ke-33 Wakasek dari 11 kabupaten/kota se-Maluku mampu memahami implementasi konsep K-13 SMA/SMK, serta mampu mengembangkan proses pembelajaran dan penilaian yang tepat, serta memiliki kemampuan menguasai substansi materi dengan baik.

Kegiatan ini dibiayai dari dana APBD Maluku melalui Satker Daerah Dinas Dikbud Provinsi Maluku, yakni kegiatan Pendamping Kurikulum 2013 bagi Wakasek dengan Kurikulum SMA/SMK Tahun Anggaran 2015

 

Sumber :

https://busbagus.co.id/malam-lailatul-qadar/

Wahyudi

E-mail : admin@thailandomania.com