Bunda Literasi Diharapkan Mampu Percepat Budaya Membaca

  • September 19, 2019

Bunda Literasi Diharapkan Mampu Percepat Budaya Membaca

Bunda Literasi Diharapkan Mampu Percepat Budaya Membaca

Pengukuhan Bunda Literasi tingkat Kota Cirebon diharapkan mampu mempercepat budaya

mem­baca di kalangan masyarakat. Budaya membaca akan me­ningkatkan kemampuan ma­syarakat terutama generasi muda dan anak-anak.

Demikian diungkapkan Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis saat melantik pengurus Bunda Literasi tingkat Keca­matan dan Kelurahan se Kota Cirebon tahun 2019 di Ruang Adipura, Rabu (20/2).

Tampak hadir Bunda Lite­rasi Kota Cirebon yang juga Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati.

“Tentu keberadaan Bunda Literasi akan menjadi moti­vator bagi anak-anak kita

untuk gemar membaca dan menulis,” ungkap Azis.

Azis menambahkan, pi­haknya berharap orangtua terutama Bunda Literasi harus mengajak anak-anaknya mem­baca ke perpustakaan. Per­pustakaan menjadi gudang ilmu yang memiliki berbagai catatan melalui buku yang ada.

“Mari kita tunjukan kepada warga Indonesia bahwa ma­syarakat Kota Cirebon memi­liki hobi gemar membaca dan menulis. Hal ini tentu untuk meningkatkan kemampuan­nya sehingga memiliki ilmu yang cukup untuk menggugah generasi inovatif,” kata Azis.

Sementara, Eti mengatakan keyakinannya jika Bunda Li­terasi tingkat Kecamatan

dan Kelurahan dapat meningkat­kan minat baca masyarakat. Bunda memiliki kedekatan dengan anak karena hampir setiap waktu bertemu.

“Ibu-ibu lebih dekat dengan keluarga sehingga program Bunda Literasi sangat tepat untuk mempercepat minat baca dan menulis masyarakat. Ternyata dengan berbagai pengalaman Bunda Literasi juga memiliki berbagai ino­vasi,” ujar Eti.

Pemerintah Daerah Kota Cirebon, lanjut Eti sedang membuat program pojok baca. Pojok baca diupayakan ada di setiap RW sehingga masyarakat dapat meman­faatkan buku untuk mening­katkan kemampuannya melalui membaca

 

Sumber :

http://asage.org/index.php/ASAGE/comment/view/8/0/36607

Wahyudi

E-mail : admin@thailandomania.com