Akses Ilmu tanpa Batas

  • April 5, 2020

Akses Ilmu tanpa Batas

Akses Ilmu tanpa Batas

KECAKAPAN berkomputer merupakan hal yang wajib dikuasai untuk dapat bersaing di era serbadigital saat ini. Sayangnya, belum semua orang mampu memiliki akses terhadap peranti canggih tersebut.

Kondisi itu mendorong salah satu perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Endless Computers, untuk mengembangkan sistem operasi (Endless OS) yang berbasis Linux. Sistem operasi tersebut didesain khusus untuk pasar negara-negara berkembang, yang umumnya masih punya problem kesenjangan.

“Kalau di Amerika Serikat, 100% anak-anak itu sudah memiliki komputer.

Begitu pun di Indonesia, 100% anak-anak yang berasal dari kelas atas sudah memiliki komputer. Namun, ada sekitar 88% anak-anak Indonesia yang belum memiliki komputer. Hal tersebut ialah ironi. Dan di seluruh dunia, masih ada sekitar 5 miliar orang yang belum tersentuh komputer. Oleh karena itulah, kami membuat komputer pendidikan bagi semua orang,” ungkap CEO and Founder Endless Computer, Matt Dalio, saat diwawancarai Media Indonesia, di Jakarta, Kamis (18/10).

Sistem operasi Endless memiliki tampilan yang lebih sederhana ketimbang

sistem operasi Windows. Mirip tampilan ponsel pintar. Endless juga dilengkapi aplikasi bawaan untuk melakukan browsing, mengakses media sosial, melakukan pekerjaan kantor, maupun bermain gim. Ada pula kumpulan artikel dan literatur yang bisa diakses langsung tanpa dukungan koneksi internet sekalipun. Dengan demikian, konten dapat diakses, baik secara online maupun offline.

Dalam sistem operasinya, Endless menggabungkan banyak perangkat lunak

dan telah menciptakan sejumlah proyek dan merilisnya di bawah lisensi bebas dan terbuka.

“Target pasar kami ialah anak-anak berusia 8-18 tahun. Kami mendesain Endless semudah mungkin seperti smartphone sehingga lebih user friendly,” imbuh Matt.

 

sumber :

https://teknosentrik.com/

Wahyudi

E-mail : admin@thailandomania.com