6 Fungsi Ideologi Dan Penjelasannya

6 Fungsi Ideologi Dan Penjelasannya

  • July 30, 2019

6 Fungsi Ideologi Dan Penjelasannya

6 Fungsi Ideologi Dan Penjelasannya

Fungsi Ideologi

Istilah ideologi adalah kombinasi dua kata, ‘idea’ dan ‘logos’ yang berasal dari bahasa Yunani. Idea berarti ide atau pemikiran dan logos berarti ilmu. Sederhananya, ideologi bisa diartikan sebagai gagasan, kepercayaan, atau ide. Berdasarkan uraian tersebut, dalam konsep ideologi mengandung asas hidup, kehidupan dasar, dan arahan dan tujuan bangsa dan negara. Ideologi bukan hanya sekedar pengetahuan teoretis, tapi juga menjadi sebuah keyakinan. Ideologi memiliki fungsi, yaitu:

Struktur Kognitif

Struktur kognitif merupakan semua pengetahuan dan pandangan yang menjadi dasar untuk memahami semua kejadian yang terjadi disekitarnya. Struktur kognitif ini menjadi alat dalam memahami dan menangani semua masalah yang dihadapi sekelompok orang atau bangsa saat menghadapi masalah tertentu. Ideologi suatu bangsa dapat mempengaruhi kebijakan yang ada di dalam negeri, baik kebijakan politik, sosial, ekonomi, dan budaya.

Orientasi Dasar

Orientasi dasarnya adalah membuka wawasan yang memberi makna dan menunjukkan tujuan hidup manusia. Ideologi dalam hal ini berfungsi untuk menentukan arah dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebuah negara harus memiliki ideologi untuk menjalani kehidupan negara. Jika sebuah negara tidak memiliki ideologi yang diadopsi, dapat diprediksi bahwa negara akan mudah terpengaruh oleh ideologi yang menyerang bangsa mereka sehingga bangsa tersebut akan hampir hancur.

Norma yang Menjadi Pedoman

Negara-negara yang memiliki ideologi sangat beregag terhadap norma-norma yang menjadi pedoman dalam semua kegiatan menjadi warga negara. Jadi dalam bertindak selalu dalam norma batsan yang terkandung dalam ideologi tersebut. Dengan mengacu pada norma, seseorang dapat terarah dalam bersikap.

Menentukan Identitas

Sebagai warga negara yang baik kita harus membangun sebuah identitas yang dapat memperkuat eksistensi ideologi kita. Ideologi dapat menentukan identitas sebuah bangsa, yaitu identitas yang berbeda dari negara lain. Identitas nasional Indonesia yang membedakannya dari negara lain adalah salah satunya adalah ideologi Pancasila sebagai basis filsafat, pandangan hidup, kepribadian, dan basis negara.

Pendorong Tercapainya Tujuan

Ideologi juga berfungsi untuk mendorong seseorang untuk mencapai suatu tujuan. Tanpa pandangan hidup yang dianggap sebagai pedoman di dunia dan bangsa, sebuah bangsa tidak akan mampu mencapai cita-citanya. Karena itu, ideologi merupakan salah satu faktor terpenting dalam merealisasikan cita-cita negara.

Sumber Daya Pendidikan untuk Masyarakat

Selain kelima di atas, ideologi berfungsi sebagai sumber pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, hidup, dan menyempurnakan perilakunya sesuai dengan orientasi dan norma yang terkandung di dalamnya.

Jika ditarik kesimpulan dapat dilihat bahwa ideologi adalah prinsip, dasar, arahan, dan tujuan dalam hidup. Selain mengetahui pengertian ideologi, kita juga harus mengetahui fungsi ideologi. Ideologi melayani mendasari kehidupan masyarakat sehingga bisa menjadi landasan, bimbingan, dan bekal serta jalan bagi suatu kelompok, masyarakat, bangsa dan negara.

 

Sumber : https://www.ilmubahasainggris.com/

Wahyudi

E-mail : admin@thailandomania.com