14 November 2016 akan Terlihat Supermoon Terbesar Dalam Sejarah

  • April 21, 2020

14 November 2016 akan Terlihat Supermoon Terbesar Dalam Sejarah

14 November 2016 akan Terlihat Supermoon Terbesar Dalam Sejarah

Tanggal 14 November nanti, supermoon paling ‘super’ akan muncul

dan terlihat jelas dari Bumi, di mana pun Anda berada. Seperti dilansir Mashable dan Daily Mail yang mengutip NASA, bahwa bulan akan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi pada tanggal tersebut.

Supermoon kali ini berbeda dengan Supermoon sebelum-sebelumnya, di mana Bulan akan terlihat 30 persen lebih cerah, serta 14 persen lebih terlihat besar dari biasanya. Keadaan Bulan sedekat itu dengan Bumi juga pernah terjadi pada bulan Januari 1948 silam, dan akan kembali terulang 18 tahun kemudian, tepatnya tanggal 25 November 2034.

Jadi, supermoon pada tanggal 14 November ini akan menjadi supermoon

yang spesial. Bahkan, dalam pernyataannya NASA pun mengungkapkan bahwa supermoon ini spesial lantaran bulan akan berada dalam fase full selama dua jam perigee.

Itu artinya, kita akan menikmati bentuk Bulan terbesar selama dua jam Bulan berada di titik terdekat dengan Bumi, dan setelah itu bulan perlahan menjauh, tapi tetap akan tampak lebih besar dan terang dari biasanya.

Supermoon memang fenomena yang akan selalu terjadi karena orbit bulan

dalam mengelilingi Bumi tidak sepenuhnya bulat namun berbentuk lonjong. Sehingga, Bulan akan selalu mencapai titik terdekat dengan Bumi (perigee), dan juga titik terjauh dari Bumi (apogee).

 

sumber :

https://imii.co.id/

Wahyudi

E-mail : admin@thailandomania.com